Definisi dan Cara Kerja Web Hosting

Definisi dan cara kerja ✅ Web Hosting serta perbedaan dari ✅ Web Hosting dengan nama domain yang perlu Anda ketahui dan pahami ini.

Web hosting memungkinkan situs web Anda dapat diakses oleh pengunjung Anda secara online. 

Definisi Web Hosting

Web Hosting ditawarkan oleh penyedia yang memberikan ruang pada web server untuk situs web untuk menyimpan file-nya. 

Dengan bantuan web hosting, file termasuk situs web (gambar, script, dan lalin-lain) agar dapat diakses secara online.  Jadi, setiap situs web yang Anda kunjungi atau pernah kunjungi di masa lalu di-host di server.

Ruang yang diberikan pada server ke situs web didasarkan pada jenis layanan web hosting.  Jenis web hosting seperti shared Hosting, VPS, dedicated, reseller, WordPress, dan cloud hosting.

Mereka dikategorikan berdasarkan teknologi yang digunakan untuk server, tingkat manajemen yang ditawarkan dan layanan tambahan yang ditawarkan.

Komputer fisik yang bekerja terus menerus sehingga situs web Anda selalu dapat diakses oleh siapa saja yang menjelajahinya disebut server.

Ini adalah tanggung jawab web hosting Anda untuk menjaga agar server tetap aktif dan berjalan, mengamankannya dari ancaman online dan mentransfer konten Anda seperti gambar, teks, file dari server ke browser pengunjung.

Jadi, setiap kali seseorang mengetik nama domain Anda di alamat browser, semua file penting untuk melayani permintaan itu ditransfer oleh hosting Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pahami cara memilih web hosting yang benar agar web Anda aman.

Selain menampung situs web Anda di internet, layanan hosting web biasanya menawarkan berbagai tingkat dukungan, keamanan, dan manfaat kinerja tinggi dan waktu aktif. 

Uptime adalah seberapa sering situs Anda beroperasi – 99.9% uptime berarti situs Anda dapat diakses 99.9% dari waktu.

✅ TRENDING:  Kampus Terbaik di Jepang Dengan Pengajar Bahasa Inggris

Cara Kerja Web Hosting

Proses web hosting melibatkan pengunggahan file situs web dari komputer lokal ke web server.

Sumber daya server (ruang hard drive, RAM, dan bandwidth) ditetapkan sesuai dengan situs web yang menggunakannya.

 Sumber daya server dibagi berdasarkan jenis paket hosting yang dipilih. Untuk memilih paket hosting yang sempurna, Anda harus memahami jenis paket hosting yang tersedia. 

Di bawah ini perbandingan jenis web hosting dengan contoh office:

Jenis Web Hosting

Berikut adalah beberapa jenis web hosting yang biasa digunakan:

1. Shared Hosting

Shared Hosting  Atau Hosting bersama sangat terjangkau karena situs web Anda dihosting di server yang sama dengan beberapa situs web lainnya.

Meskipun ini adalah opsi hemat biaya, ini hanya ideal jika situs Anda secara konsisten memiliki tingkat lalu lintas yang rendah karena Anda berbagi ruang layanan tersebut dengan pengguna lain.

Hosting bersama mirip dengan menyewa stasiun kerja di kantor atau ruang kerja yang bising, sibuk, dan terbuka. 

Anda mendapatkan semua fasilitas modern seperti koneksi internet, meja, dan alat tulis dan Anda juga berbagi ruang dengan rekan kerja lainnya termasuk printer, dapur, dan kamar kecil.

Tidak mungkin membuat perubahan apa pun pada ruang seperti pemasangan papan tulis, dll. Jika Anda ingin meluncurkan situs web baru atau kecil, opsi ini adalah yang terbaik.

2. Hosting VPS

Virtual private server (VPS) adalah bentuk upgrade dari shared hosting.

Hosting server pribadi virtual (VPS) lebih mahal daripada hosting bersama dan sangat ideal jika Anda memiliki lebih banyak lalu lintas yang datang ke situs Anda secara teratur.

Ini meniru memiliki server khusus hanya untuk situs web Anda meskipun secara teknis masih merupakan jenis hosting bersama.

VPS menawarkan lebih banyak penyesuaian dan kinerja yang lebih baik daripada hosting bersama.

Di VPS hosting, pengguna diisolasi satu sama lain dan dapat menikmati lingkungan hosting independen.

Meskipun Anda berbagi server dengan tetangga, Anda tidak bergantung pada mereka dan dapat membuat penyesuaian sendiri dan juga mengatur stasiun kerja Anda sendiri.

✅ TRENDING:  Tips Bisnis Web Hosting Untuk Pemula

3. Dedicated Hosting atau Server Khusus

Hosting server khusus adalah salah satu opsi hosting yang lebih mahal, ini dimaksudkan untuk situs web yang memiliki lalu lintas dalam jumlah besar dalam waktu lama.

Dengan hosting khusus, situs web Anda memiliki server sendiri.

Ini berarti bisnis Anda memiliki kendali penuh atas sistem, keamanan, dan semua hal lain yang terkait dengan server Anda.

Itulah sebabnya opsi ini membutuhkan keahlian tingkat tinggi. Anda membutuhkan seseorang yang dapat mengelola server Anda dengan tepat.

Ketika Anda menyewa gedung perkantoran lengkap, ini mirip dengan hosting situs web Anda di server khusus. 

Menjadi opsi yang mahal, yang terbaik untuk situs web yang membutuhkan keandalan dan kinerja tinggi. 

4. Hosting WordPress

Hosting WordPress adalah bentuk hosting bersama, dibuat untuk pemilik situs WordPress.

Server Anda sebagian besar dikonfigurasi untuk WordPress dan Anda akan mendapatkan situs web dengan plugin pra-instal untuk tugas-tugas penting seperti mengamankan dan menyimpan cache.

Karena konfigurasi yang sangat dioptimalkan, situs Anda akan dimuat dengan cara tercepat dan dengan lebih sedikit masalah.

Paket hosting WordPress sering kali dilengkapi dengan fitur terkait WordPress tambahan seperti pembuat halaman seret dan lepas, tema WordPress yang telah dirancang sebelumnya, dan alat pengembang khusus.

Karenanya, hosting WordPress adalah yang terbaik untuk orang-orang yang ramah pemula dan menawarkan kinerja terbaik untuk situs web WordPress.

5. Managed Hosting

Managed Hosting atau  Hosting terkelola berarti penyedia layanan akan mengelola server Anda (operasi, keamanan, pemeliharaan, dan lainnya) sehingga Anda tidak perlu melakukannya.

Ini sangat ideal untuk bisnis yang tidak memiliki atau ingin mempekerjakan anggota tim yang memahami sisi teknis server.

Hosting WordPress terkelola adalah opsi populer dalam kategori ini.

6. Cloud Hosting

Saat ini, cloud hosting adalah solusi paling andal di pasaran. Cloud hosting terdiri dari sekelompok server. File Anda serta sumber daya direplikasi di setiap server.

Ketika salah satu server cloud sibuk atau menghadapi masalah apa pun, lalu lintas Anda akan secara otomatis dialihkan ke server lain dalam cluster.

✅ TRENDING:  Jenis Web Hosting dan Aplikasinya

Karenanya, situs web Anda tidak menghadapi periode nonaktif yang paling baik jika Anda memenangkan situs web yang sangat sibuk.

Cloud hosting adalah opsi yang lebih baru di dunia web hosting. Ini memungkinkan banyak server terpisah untuk bekerja sama berperilaku seperti satu server besar.

Jenis hosting web ini berfungsi dengan baik untuk perusahaan yang sedang berkemban, karena situs web meningkatkan lalu lintas dan volume, ruang cloud juga dapat berkembang.

Karena sistem ini, pengguna cloud hosting biasanya membayar sesuai dengan penggunaan: Anda membayar jumlah ruang cloud yang Anda gunakan pada titik waktu tertentu.

Cloud hosting adalah yang terbaik bagi mereka yang menginginkan platform yang lebih skalabel dibandingkan dengan opsi hosting web lainnya.

Penyedia Jasa Web Hosting di Indonesia

Berikut beberapa Penyedia Web Hosting di Indonesia:

  1. Rumahweb
  2. Niagahoster
  3. Domainesia
  4. IDwebhost
  5. Dewaweb

Bedanya Web Hosting dan Nama Domain

Selain mendaftar untuk layanan hosting web, Anda juga perlu membeli nama domain.

Hosting web memungkinkan Anda menyewa ruang server untuk situs Anda sementara nama domain bertindak sebagai alamat situs web Anda.

Jika pengguna ingin menjelajahi situs web Anda, mereka akan mengetikkan nama domain di bilah alamat browser mereka dan server Anda akan mentransfer konten yang mereka minta.

Banyak web hosting menawarkan nama domain gratis dengan paket hosting web mereka hari ini.

Jika Anda sudah memiliki nama domain, Anda juga dapat mentransfernya ke penyedia hosting web pilihan Anda. 

Anda perlu membayar nama domain setiap tahun sama dengan paket hosting web Anda untuk mempertahankan kepemilikan domain.

Penting untuk memiliki situs web hari ini karena membantu menjangkau khalayak yang lebih luas secara global.

Demikian ulasan mengenai apa itu web hosting, jenis web hosting dan beda web hosting dengan nama domain. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *