Keuntungan dan Resiko Main Saham

Anda ✔ ingin terjun ke trading Saham dengan benar? Simak ✔ keuntungan dan resiko main saham yang wajib diketahui oleh trader pemula berikut.

Keuntungan Dan Resiko Main Saham 1

Akhir-akhir ini investasi saham tengah menjadi populer serta trend bagi masyarakat, pasalnya hal ini berlangsung untuk waktu yang lama.

Saham sendiri merupakan tinta hitam di atas kertas yang sangat berharga diwujudkan atau dibuat oleh perusahaan perseroan terbatas.

Dimana bagi yang mempunyai atau membeli saham, maka Anda telah memiliki sebagian kepemilikan dari perusahaan tersebut. Untuk perlu paham cara main Saham yang benar dan aman.

Bagi pemilik saham mempunyai sekali keuntungan serta manfaat atas kepemilikan saham dari perusahaan yang di applynya. Namun demikian, bagi sang pemegang saham juga mempunyai resiko yang demikian mengenai investasi saham ini.

Lalu apa saja keuntungan serta resiko yang didapatkan bagi pemilik saham?

Pada artikel kali ini, Kliksatu.id akan mengulas mengenai keuntungan dan resiko dalam berinvestasi saham. Yuk disimak!

Keuntungan dan Manfaat Main Saham

Manfaat utama saham ialah sebagai intrumen investasi yang bisa berjangka pendek atau pun berjangka panjang.

✅ TRENDING:  Cara Trading Saham Online yang Bijak dan Aman

Nah, biasanya investor yang memanfaatkan sahamnya pada investasi jangka pendek yaitu mengharapkan mendapatkan captial gain dari selisih harga jual dan harga beli-nya.

Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan yang memanfaatkan sahamnya pada investasi jangka panjang. Dikarenakan para investor ini akan lebih sering membeli maupun menabung uangnya untuk membeli saham-saham lainnya.

Berdasarkan dari dua hal diatas, maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan serta diambil oleh para investor yang melakukan investasi saham, diantaranya:

1. Dividen

Dividen ialah suatu nilai keuntungan yang diterima pada hasil pembagian laba tunai dari suatu pihak yang melakukan penawaran umum atau disebut juga emiten.

Dividen ini dapat diraih bagi para investor dan untuk mendapatkan pendapatan tambahan ketika emiten yang dimiliki mempunyai performa bagus.

2. Capital Gain

Pengertian dari capital gain ialah laba yang didapat dari hasil selisih harga jual saham yang lebih tinggi daripada harga saat membelinya. Dimana para investor ini akan mendapatkan profit dari besaran nilai yang telah disetorkannya.

3. Bisa Dijalankan secara Fleksibel

Nah, kemudahan selanjutnya ialah Anda bisa mengoperasikan secara online, mulai dari pembelian sampai penjualan sehingga sudah tidak lagi mengganggu pekerjaan utama.

Resiko yang Didapatkan dari Investasi Saham

Bersamaan dengan memberikan manfaat serta keuntungan besar, tetap saja didalamnya investasi saham ini mempunyai resiko yang cukup besar.

✅ TRENDING:  Tipe-Tipe Saham yang Wajib Diketahui bagi Investor Pemula

Berikut beberapa resiko yang harus Anda hadapi di saat melakukan investasi saham:

1. Investor dapat Kehilangan Seluruh Modalnya

Resiko yang pertama ialah Anda sebagai investor kemungkinan bisa kehilangan seluruh modalnya. Hal ini terjadi di saat harga beli suatu saham lebih besar daripada harga jual-nya. Akibat yang ditimbulkan ialah para pemilik saham atau investor ini akan kehilangan seluruh modal yang dimiliki.

2. Resiko Likuidasi

Resiko likuidasi ini terjadi di saat emiten kena kebangkrutan dan para pemegang saham memiliki hak tagih terakhir atas kepemilikan suatu perusahaan sesudah kewajiban dari emiten terbayarkan.

Bahkan, resiko paling mengerikan dari pemiliki saham ialah tidak memperoleh sepeser pun atas kepemilikan aset, harta di saat setelah emiten tersebut membayar kewajibannya.

3. Tidak Adanya Pembagian Dividen

Resiko yang ketiga ialah tidak adanya pembagian keuntungan atau dividen. Hal ini terjadi saat pihak emiten lebih memilih keuntungan yang digunakan-nya untuk menambah modal operasi serta melakukan ekspansi dalam bisnis.

Hal ini mengakibatkan, emiten tersebut tidak akan membagikan laba-nya berbentuk dividen kepada para pemiliki saham.

4. Saham Delisting dari Bursa

Ada beberapa alasan yang bisa membuat suatu saham terhapus dari catatan bursa, sampai saham tersebut sudah tidak lagi dapat dijual belikan. Tentunya, hal ini membuat emiten serta pemilik saham mengalami kerugian yang sangat besar.

✅ TRENDING:  Cara Trading Saham Online yang Bijak dan Aman

Nah, itu tadi penjelasan mengenai resiko-resiko apa saja yang bisa Anda alami saat main saham. Alangkah baiknya, sebelum terjun ke dunia trading mempelajari terlebih dahulu jenis perdagangan saham atau tipe Saham itu seperti apa, sehingga Anda tidak sampai mengalami kerugian yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *