Connect with us

News

IAIN Langsa Gelar Seminar Internasional

Published

on

KLIKSATU.CO.ID | LANGSA – Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar seminar internasional yang berlangsung di aula hotel Harmoni Langsa, Rabu (21/11/18) pagi.

Seminar itu mengusung tema “Rapid Development of ELT and English Studies in Global community (Perkembangan pesat dari pengajaran bahasa inggris dan kajian-kajian bahasa inggris dalam komunitas global)” diisi oleh para pembicara dari berbagai dunia, diantaranya adalah, Prof. Dr. Joko Nurkamto, M. Pd, dari Indonesia, Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M. Ed dari Indonesia, Johan Richard, Ph. D dari Australia, Dr. David Perrodin dari Thailand, Dr. Bradley Horn dari Amerika dan Sean Stellfox dari Amerika.

Zulfitri, MA selaku panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan, seminar internasional ini dilaksanakan berkat kerjasama IAIN Langsa dengan ELITE.

“Acara ini terselenggara berkat kerjasama IAIN Langsa dengan ELITE (Assosiasi dosen bahasa inggris dibawah PTKIN Kementerian Agama), ini kegiatan yang ke 6″katanya.

Dikatakannya, peserta yang mengikuti acara tersebut berjumlah 150 orang yang terdiri dari keynote speaker, pemakalah, dosen di berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Universitas yang ada di indonesia, praktisi pendidikan serta para guru dan mahasiswa.

Seminar tersebut dilaksanakan selama dua hari.

“Acara belangsung selama dua hari, satu hari di aula hotel harmoni dan satu hari lagi di kampus IAIN Langsa,”jelasnya.

Ketua ELITE Indonesia Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M. Ed mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara seminar internasional yang ke 6.

Dijelaskannya, ELITE merupakan organisasi baru, belum berdiri begitu lama, tapi elite menjadi kuat karena diisi oleh orang-orang yang luar biasa.

Sementara itu, RELO US EMBASSY Dr. Bradly Horn mengatakan, jika di luar negeri “thanks giving” diartikan berbagi makanan, namun di Indonesia dimaknai dengan berbagi informasi dan pengetahuan seputar bahasa, literasi dan pendidikan bahasa inggris, dari berbagai wilayah di nusantara.

Dirinya juga mengakui bahwa Aceh saat ini telah aman dan tidak lagi mencekam sewaktu masa konflik dulu.

“Saya pertama sekali datang ke Aceh, dulunya Aceh wilayah konflik, namun ternyata Aceh sudah sangat aman,”ujarnya.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA mengucapkan terima kasih kepada pengurus ELITE yang telah menghadiahkan dirinya kado ayat kursi kepadanya, ayat kursi merupakan kunci dari kesuksesan.

Zulkarnaini menyebutkan, saat ini bahasa merupakan sebuah hal yang penting dalam kehidupan.

“Oleh karena itu perlu bagi kita untuk belajar bahasa, karena bahasa ciptaan tuhan,”ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Zulkarnaini juga menjelaskan secara singkat sejarah IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengangkat sejarah dayah atau pesantren tertua di Asia Tenggara.

Ditempat yang sama, Drs. Abdullah Gade, M. Pd saat membuka acara mengatakan, saat ini Pemko Langsa tengah menggalakkan destinasi wisata, salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam pengembangan sektor pariwisata adalah kemampuan penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional paling populer.

“Sayangnya dari hasil riset EF, pada tahun 2018 kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia itu masih peringkat ke 51 dari 88 negara yang disurvey, artinya kita masih termasuk kategori rendah kemampuan bahasa Inggrisnya,”tukasnya.

Penguasaan bahasa Inggris ini penting karena dari data yang diterima pihaknya kunjungan turis asing ke Kota Langsa sudah mulai meningkat. Tujuan mereka biasanya tidak sekedar refreshing, tetapi juga melakukan riset.

“Riset yang sering dilakukan di Langsa kebanyakan terkait dua isu, yang pertama isu penanganan pengungsi Rohingya tahun 2015-2016 yang kita dinilai terbaik sehingga banyak orang asing ingin tahu lebih banyak tentang cara kita menangani pengungsi, yang kedua riset tentang mangrove,”tandasnya.

“Terakhir, kami mengucapkan selamat kepada panitia pelaksana dan seluruh peserta seminar internasional ini. Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar, dan out put serta out come-nya betul-betul bermanfaat untuk kemajuan peradaban bangsa,”tutupnya.

Acara dihadiri oleh Plt. Kadis Pendidikan dan Pengajaran, Pasi Intel Kodim 0104/Aceh Timur, Kapolsek Langsa Kota, Kadis Pemuda dan Olahraga dan tamu undangan lainnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News

Jokowi : Pembangunan Tol Pertama Aceh Dimulai

Published

on

By

KLIKSATU.CO.ID | ACEH BESAR — Presiden RI Joko Widodo melakukan groundbreaking jalan tol Sigli – Banda Aceh di Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Tepat pukul 17.40 Wib Presiden Jokowi menekan bel groundbreaking. Beberapa traktor disisi venue langsung mulai bekerja, menandai rekontruksi tol Sigli – Banda Aceh dimulai.

Menurut Jokowi, dahulu ketika jalan tol Sumatera dari Bakauhuni mulai dibangun, tidak ada orang percaya. Tapi dalam bulan Desember 2018 ini, akan diresmikan dan siap dipakai.

“Selanjutnya, secara bertahap seluruh Sumatera hingga Banda Aceh akan selesai dibangun pada 2024. Maka akan ada 2000 Km tol Sumatera. InsyaAllah dengan dukungan pemerintah Kabupaten dan Provinsi seluruh sumatera akan tersambung dengan tol,” kata Jokowi, Jumat (14/12/2018).

Jokowi tiba dilokasi groundbreaking pukul 17.00 wib. Jokowi turun dari mobil dan memasuki ruang tempat beberapa display proyek yang akan diresmikan.

Sebelum melakukan groundbreaking dan peresmian, Jokowi mengamati foto-foto proyek jalan tol, area KEK Arun, masjid At Taqarrub, underpass Beurawe, flyover Simpang Surabaya, serta update rekonstruksi Pijay sambil mendengarkan penjelasan dari Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, serta pejabat terkait.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan optimisme rakyat Aceh menyambut dukungan pembangunan Pemerintahan Jokowi. Selanjutnya dirinya menyampaikan laporan teknis Jalan tol Sigli – Banda Aceh, serta mempersilahkan Presiden Jokowi melakukan “groundbreaking” secara resmi.

Pelaksanaan kerja kontruksi jalan tol Sigli – Banda Aceh memang bisa dilangsungkan, setidaknya untuk sepanjang 6,92 KM di 2 kecamatan, yaitu Blang Bintang dan Montasik.

Untuk mendukung pekerjaan jalan tol sudah diumumkan peta bidang dan daftar nominatif sebanyak 3.586 bidang tanah untuk 10 kecamatan (78 desa) yang ada di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie.

Dari 10 kecamatan tersebut, 8 kecamatan telah dilakukan penilaian harga tanah dan dilanjutkan dengan musyawarah bentuk ganti kerugian di 4 kecamatan, yaitu Blang Bintang, Montasik, Indrapuri, dan Kuta Cot Glie.

“Dua kecamatan yaitu Blang Bintang dan Montasik sudah dilakukan pembayaran/ganti kerugian bidang tanah,” kata Afi dari PPK I Pengadaan Tanah Jalan Tol Sigli – Banda Aceh I, Jumat (14/12/2018).

Total bidang tanah yang sudah dilakukan pembayaran saat ini sebanyak 144 bidang tanah dari total bidang 3.586, atau seluas 55,34 hektar dari total luas lahan 755,2 ha dan dengan total realisasi dana sebesar Rp 17,56 Milyar.

Dari total bidang tanah sebanyak 204 bidang di Blang Bintang dan Montasik, yang sudah dilakukan pembayaran sebanyak 144 bidang.

“Sisa bidang yang belum bayar sebanyak 60 bidang tanah, terdiri dari 16 bidang masih dalam proses Kasasi di MA dan 44 bidang masih dalam status tanah sengketa antar warga,” kata Afi.

Sebagaimana diketahui, jalan tol Sigli – Banda Aceh yang akan dikerjakan oleh PT Hutama Karya dengan biaya kontruksi mencapai Rp12,534 triliun ini terdiri dari 6 susun.

Simpang susun Blang Bintang, tempat dilakukan ground breaking salah satu dari 6 simpang susun jalan tol yang panjangnya mencapai 74 Km.

Lima simpang susun lainnya adalah simpang susun Kuta Baro, Indrapuri, Jantho, Seulimum dan Padang Tiji.

Jalan tol Sigli Banda Aceh yang diperkirakan selesai masa kontruksinya tahun 2021 ini terdiri dari 6 seksi.

Seksi 1 Padang Tiji – Seulimum sepanjang 25,7 Km, seksi 2 Seulimum – Jantho 6,3 Km, seksi 3 Jantho – Indrapuri 6 km, seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang 13,5 Km, seksi 5 Blang Bintang – Kuta Baro 7,7 Km, dan seksi 6 Kuta Baro – Baitussalam 4,8 Km.

Untuk tahun 2018 – 2019 dilakukan kerja pembebasan lahan, berikutnya dilakukan tahapan kontruksi. Khusus sepanjang 6,92 KM di 2 kecamatan, yaitu Blang Bintang dan Montasik sudah langsung bisa dikerjakan paska groun breaking oleh Presiden Jokowi.

Untuk seksi lainya, pekerjaan kontruksi akan dimulai Januari 2010. Sepanjang tahun 2019 akan difokuskan untuk melakukan pembebasan lahan.

Jalan tol Sibanceh dengan jumlah lajur 2 x 3 (tahap akhir) dengan lebar lajur 3,6 meter ini akan mendukung kenderaan dengan laju kecepatan 100 Km/jam. [•]


Sumber: Acehtrend.com | Editor: Saiful Haris

Continue Reading

Daerah

KIP Kota Banda Aceh Sosialisasi Kepada Pemilih Perempuan

Published

on

By

KLIKSATU.CO.ID | BANDA ACEH — Komisi Independen Pemilihan (KIP), Kota Banda Aceh menyelenggarakan sosialisasi kepada pemilih perempuan di Mapolresta Banda Aceh, pada Jumat (14/12/2018).

Acara ini yang disambut sangat antusias itu dihadiri sebanyak 150 orang ibu bhayangkari.

Peserta yang hadir umumnya menanyakan beragam pertanyaan seputar pemilu yang selama ini mengganjal di benak peserta. Seperti salah seorang peserta yang bertanya terkait hak pilih orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pada Pemilu 2019.

“Kenapa orang gila harus di ikut sertakan dalam pemilu pak. Padahal secara agama saja mereka tidak terkena kewajiban,” tanya ibu tersebut yang disambut dengan senyum renyah peserta.

Komisioner KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali S.Pd.I menjawab dengan lugas terkait hal tersebut. Dirinya mengatakan bahwa hak pilih ODGJ dilindungi secara konstitusi. Kemudian berbeda dengan negara lain seperti Australia, yang memberlakukan kewajiban mencoblos dibilik suara. Indonesia memberlakukan pemilu sebatas hak warga negara yang dapat dimanfaatkan.

“Artinya tidak ada kewajiban hak pilih untuk yang menderita gangguan jiwa. Melainkan hal tersebut merupakan hak. Oleh karena itu konstitusi menjamin hak mereka sebagai warga negara. sepanjang tidak ada surat keterangan dari profesional di bidang jiwa bahwa yang bersangkutan tidak dapat menggunakan hak pilihnya, maka konstitusi tidak dapat mencabut hak tersebut,” jelas pria kelahiran Meureudu, Pidie Jaya.

Yusri juga menambahkan beragam variasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mendatang. Saat ini dikatakannya berbagai upaya yang dilakukan untuk mendongkrak partisipasi pemilih pemilu 2019.

“Saat ini, kita sedang gencar-gencarnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Sebab memilih adalah hak dan hasil pilihan juga dilindungi konstitusi. Karena itu berbagai upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Ditambah lagi, KPU RI menargetkan partisipasi pemilih pemilu 2019 secara nasional sebesar 77,5 persen. Sedangkan KPU Kabupaten menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 sebesar 75 persen.

“Banda Aceh sendiri optimis akan meraih diatas target tersebut, minimal setara dengan target nasional,” pungkasnya. [•]

Continue Reading

Daerah

Terima Kasih Nyak Sandang Kepada Presiden Jokowi

Published

on

By

 

KLIKSATU.CO.ID | BANDA ACEH — Nyak Sandang warga Gampong Lhuet, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh pemilik obligasi RI 001 bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, berkat perhatiannya setelah menjalani operasi mata di RSPAD Gatot Soebroto, DKI Jakarta kini sudah kembali bisa melihat dan membaca Al Quran seperti sediakala.

“Semoga Allah membalas atas kebaikannya, baik di dunia dan maupun di akhirat kelak. Juga Allah mudahkan urusan dan hajat beliau di dunia,” kata Nyak Sandang berharap lirih di kediamannya di Lhuet, Lamno, (14/12/2018).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR Aceh Tgk Musannif, SE berharap Presiden Jokowi dapat mewujudkan semacam janji yang sudah disampaikan kepada Nyak Sandang di Istana Presiden pada Maret 2018, lalu.

Adapun harapan Nyak Sandang, matanya yang kena katarak bisa disembuhkan, Presiden membantunya bisa menunaikan ibadah haji dan keluarga, membangun mesjid di kampungnya, dan mengabadikan sejarah tentang penyumbang pembelian pesawat RI 001, agar generasi tidak melupakan sejarah.

“Hasil penelusuran saya ke pihak keluarga, sejauh ini belum ada realisasi kecuali mengobati mata beliau, yang ada jawaban dari Bey Triadi Machmudin Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden ke Al Maturidi via WA, katanya, akan disampaikan lagi ke bapak Presiden dan diharap bersabar,” jelas Musannif yang juga ada hubungan kekeluargaan dengan Nyak Sandang dari pihak istrinya yang berasal dari Lamno.

Helmy N Hakim PDIP Aceh yang sedang berada di Hermes Palace bersama rombongan Presiden mengatakan, juga akan mengusahakan harapan Nyak Sandang tersampaikan ke Presiden dan pihak Istana Presiden.

Adapun itu, Presiden Joko Widodo yang tiba tadi malam (13/12/2018), disambut oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, yang juga didampingi oleh Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali.

Hari ini, Jum’at (14/12/2018), Jokowi dan rombongan dipastikan akan melaksanakan Shalat Jum’at di Masjid Raya Baiturrahman.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

KLIKSATU CORNER

Advertisement

Facebook


Trending