Connect with us

Religi

Inilah Tempat-tempat Indah Persinggahan Rasulullah dalam Isra Mi’raj

Published

on

KLIKSATU.CO.ID | BAGI umat Islam, peristiwa isra mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah kejadian penting. Pada saat itulah Nabi Muhammad mendapatkan perintah shalat lima waktu yang menjadi salah satu rukun Islam.

Malaikat Jibril sendiri yang mengantarkan beliau dari Mekkah hingga sampai di Sidratul Muntaha, yaitu sebuah pohon yang menjadi penanda ujung langit ketujuh. Selama isra mi’raj ada beberapa tempat di bumi yang disinggahi oleh Nabi Muhammad. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

1. Mekkah


Ada riwayat yang menceritakan bahwa dada Rasulullah dibelah dan dibersihkan oleh Malaikat Jibril. Dada nabi dibersihkan dengan air zam-zam dan setelah itu beliau naik binatang bernama buraq. Hal ini terjadi sebelum peristiwa isra atau keberangkatan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah menuju ke Masjidil Aqsa di Palestina. (Tafsir Al-Baghawi: 5/60).

2. Madinah

Selama perjalanan Isra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ditemani oleh Malaikat Jibril singgah di beberapa tempat. Saat tiba di Yastrib yang kemudian dikenal sebagai Madinah, Malaikat Jibril menunjukkannya sebagai kota yang akan menjadi tujuan hijrah nabi.

3. Gunung Sinai


Jibril juga memperlihatkan Gunung Thursina kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dikatakan kepada nabi bahwa gunung tersebut merupakan tempat di mana Allah berbicara langsung dengan Nabi Musa. Letaknya berada di Semenanjung Sinai Mesir. Ketinggiannya mencapai 2285 meter.

4. Bethlehem

Tempat berikutnya yang dikunjungi oleh Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam saat perjalanan Isra dengan menaiki buraq adalah Bethlehem. Daerah ini merupakan tempat kelahiran Nabi Isa dan sekarang menjadi salah satu destinasi wisata di Palestina.

Bethlehem dalam bahasa Arab berarti Rumah Daging & Bahasa Ibrani artinya Rumah Roti. Dalam Maushu’ah al-Mudun al-Falisthiniyyah.

5. Baitul Maqdis

Baitul Maqdis adalah sebuah kawasan yang didalamnya ada Masjidil Aqsa. Di sinilah Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam berangkat menuju Sidratul Muntaha melewati langit yang berlapis-lapis dan bertemu dengan para nabi. Lalu sampai untuk menghadap Allah dan menerima perintah sholat.

Itulah beberapa tempat yang diriwayatkan pernah disinggahi oleh Nabi shallallahu’ alaihi wa sallam. Terlepas dari peristiwa isra dan mi’raj, beberapa tempat itu memang memiliki keindahan yang menyejukkan pandangan. []

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Religi

Dewan Dakwah Aceh Apresiasi Miftahul Jannah

Published

on

Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh, Dr. Tgk. Hasanuddin Yusuf Adan, MCL, MA.

KLIKSATU.CO.ID | BANDA ACEH — Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya atlet Blind Judo Indonesia asal Aceh, Miftahul Jannah, atas sikapnya mempertahankan syariah dalam kehidupan kesehariannya, dengan tetap berjilbab dalam pertandingan judo di Asian Para Games 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh, Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA, Rabu (09/10/2018), menanggapi keputusan wasit yang mendiskualifikasi Miftahul Jannah dikarenakan tidak mau melepaskan jilbabnya.

“Dari itu kami meminta kepada pihak berwenang di negara ini untuk menegur dan memberikan wawasan ideologi dan wawasan konstitusi negara RI kepada penyelenggara Asian Para Games, sehingga mereka faham bahwa NKRI memberikan kebebasan melaksanakan syariat agama bagi para pemeluknya,” Kata Tgk Hasanuddin.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar Raniry ini juga meminta kepada pemerintah Aceh untuk membela sikap Miftahul Jannah tersebut dengan memperadilankan panitia pelaksana, dikarenakan telah melanggar konstitusi NKRI. Selain itu juga telah merugikan Miftahul Jannah yang menjalankan hukum islam, yang kini telah menjadi hukum positif di Indonesia, khususnya bagi rakyat Aceh.

“Kami mengharapakan agar Pemerintah Aceh menuntut ganti rugi atas kejadiuan tersebut. Pasalnya kesempatan dan peluang kemenangan Miftahul Jannah sudah diabaikan. Juga agar Miftahul Jannah dan keluarganya teguh pendirian, kuat iman dan menjadi tauladan kepada seluruh muslimah Aceh lainnya,” tegas Tgk Hasanuddin.

Tgk Hasanuddin menambahkan agar ummat manusia belajar dari pengalaman tsunami dan gempa yang menghantam Indonesia seperti yang pernah terjadi di Aceh tahun 2004, di NTB, dan Sulawesi Tengah tahun 2018, dimana penyebabnya dikarenakan tidak mau menjalankan hukum Allah (hukum Islam).

“Dari itu kepada seluruh bangsa dan penghuni wilayah Aceh untuk dapat menjalankan syariat Islam sepenuhnya dalam hidup dan kehidupan ini, kapan dan di mana saja berada, agar Allah yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua. Amin,” pungkas Tgk Hasanuddin. [•]

Continue Reading

Religi

Muslimat Dewan Dakwah Aceh Gelar Pendampingan Syariah Bagi Muallaf

Published

on

By

KLIKSATU.CO.ID | BANDA ACEH — Muslimat Dewan Dakwah Aceh bekerjasama dengan Baitul Mal Aceh, menggelar kegiatan pendampingan syariah bagi muallaf di Gedung ACC Sultan Selim II Banda Aceh, Minggu (07/10/2018).

Ketua Panitia Roslaila Usman Latief mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 100 muallaf yang sebagiannya berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar. Menurutnya kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung selama 12 kali pertemuan. Dengan rincian dalam seminggu sebanyak dua kali pertemuan dan pada setiap pertemuannya berlangsung selama 4 jam.

“Pemateri akan diisi oleh Pengurus Dewan Dakwah Aceh dan pembiayaan dari kegiatan ini bersumber dari Baitul Mal Aceh,” kata Roslaila.

Kepala Baitul Mal Aceh yang diwakili oleh Kasubbid Pendayagunaan, Mahfudh SE dalam sambutannya mengatakan sumber dana dari kegiatan tersebut adalah dari dana zakat. Adapun zakat itu merupakan harta yang berasal dari sesuatu yang suci dan berkah.

“Oleh karena itu kami harapkan kegiatan ini dapat menghadirkan output yang suci dan berkah pula, khususnya kepada individu para muallaf,” kata Mahfudh.

Ia menambahkan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi peserta agar nilai-nilai keislamannya dapat meningkat setiap harinya. Selain itu juga bagian dari partisipasi dan kepedulian Baitul Mal Aceh sebagai lembaga pengelola zakat dalam memberikan pemahaman tentang dienul islam bagi muallaf khususnya berkaitan dengan aqidah, ibadah dan muamalah.

“Kami juga berharap di tahun-tahun mendatang jumlah zakat dapat terus bertambah, sehingga kedepannya akan lebih banyak lagi muallaf yang bisa kita bantu dalam pengayaan wawasan keislamannya. Termasuk juga untuk program-program lainnya,” lanjut Mahfudh.

Sementara itu Ketua Dewan Dakwah Aceh saat membuka acara yang disampaikan oleh Ketua Bidang Ghazwul Fikri dan Pembinaan Muallaf, Ghazali M Adam, S.Ag MA mengatakan Dewan Dakwah Aceh berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan muallaf, baik melalui program Dewan Dakwah sendiri maupun dalam bentuk kerjasama. Termasuk juga pembinaan muallaf dengan pengiriman anak-anak muallaf ke Dayah atau Sekolah Tinggi Islam untuk belajar agama dan menghafal al-quran.

“Insha Allah, kerjasama dengan semua pihak ini sangatlah penting untuk pembinaan muallaf yang merupakan tanggung jawab kita bersama. Semoga harapan kita ini diberkahi dan dikabulkan. Aminn,” pungkas Ghazali. [•]

Continue Reading

Religi

Ratusan Murid TK Ikuti Manasik Haji Cilik

Published

on

By

Pembimbing, Ustadz Mubashirullah, Lc sedang melakukan sa’i dengan para peserta pada kegiatan Manasik Haji Cilik di Mesjid Baitul Musyahadah, Seutui, Banda Aceh (6/10/2018).

KLIKSATU.CO.ID | BANDA ACEH — Ratusan murid Taman Kanak-kanak (TK), dan Kelompok Bermain yang berada di lingkup Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh mengikuti kegiatan Manasik Haji Cilik di Mesjid Baitul Musyahadah, Banda Aceh (6/10/2018).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Baiturrahman, Muhammad Iqbal Z, S.STP dan turut dihadiri oleh Kasie PAUD Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Bunda PAUD dan orang tua murid.

Dalam pelaksaannya para peserta di bagi dalam 5 Kloter dengan pembimbingnya Alumni Timur Tengah, Ustadz Mubashirullah, Lc. Dan kepada peserta diperkenalkan dan dipraktikkan langsung tata cara dalam pelaksanaan ibadah haji. Diantaranya thawaf, sa’i, lontar jumrah dan tahallul serta prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Ketua Panitia Febria, S.Pd dalam laporannya menyampaikan kegiatan Manasik Haji Cilik ini diikuti oleh 17 sekolah Taman Kanak-kanak, dan Kelompok Bermain dengan jumlah pesertanya sebanyak 840 orang.

Sekcam Baiturrahman, Muhammad Iqbal Z, S.STP saat membuka acara tersebut mengatakan kegiatan Manasik Haji Cilik ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan. Selain itu juga bertujuan untuk membangkitkan semangat anak-anak sejak usia dini dalam memperkenalkan rukun islam yang ke 5, yaitu tatacara pelaksanaan ibadah haji.

“Dan yang terpenting dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang ini adalah terjalinnya komunikasi dan sulaturahmi antar sekolah Taman Kanak-kanak yang berada dalam Kecamatan Baiturrahman ini,” Kata Muhammad Iqbal.

Sementara itu salah seorang Wali murid, Tarmizi, S.HI menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan manasik itu. Menurutnya kegiatan itu merupakan upaya pemerintah dalam memperkenalkan salah satu rukun islam kepada generasi baru islam.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan pada setiap tahunnya dan dapat ditingkatkan lagi teknis pelaksanaannya ke arah yang lebih baik lagi. Semoga usaha kita ini diberkahi dan dirahmati oleh Allah SWT, Aminnn,” Pungkas Tarmizi. [•]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

KLIKSATU CORNER

Advertisement

Facebook


Trending