Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP dan PC

Anda ✔ ingin melakukan meeting online dengan aplikasi Zoom? Simak ✔ cara menggunakan aplikasi Zoom di HP dan PC yang mudah berikut ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Untuk Meeting

Jika Anda mencari alat komunikasi yang berbasis video, maka aplikasi Zoom merupakan salah satu rekomendasi terbaik. Aplikasi ini kompatibel terhadap berbagai perangkat dari mulai smartphone, laptop, tablet, atau bahkan sistem ruang.

Dengan keberadaan aplikasi satu ini, para pelajar dan pekerja bisa tetap beraktivitas secara normal meskipun tidak saling bertatap muka. Penggunaan aplikasi ini sangat efektif untuk menghadapi kondisi pandemi yang sedang melanda dunia.

Mengenal Aplikasi Zoom Lebih Jauh

Zoom adalah aplikasi berbasis online yang memungkinkan penggunanya untuk bertatap muka meski terpisah jarak.

Berbeda dengan konsep video call yang membatasi jumlah pengguna, aplikasi satu ini memungkinkan Anda untuk melakukan undangan konferensi terhadap puluhan orang sekaligus.

Bagi Anda yang masih asing dengan aplikasi ini, Zoom merupakan sebuah aplikasi berbasis online yang dikembangkan oleh seorang pria bernama Eric Yuan pada tahun 2011 lalu.

Semakin lama, popularitas Zoom ini semakin meningkat. Saat ini sudah ada jutaan pengguna Zoom di seluruh dunia.

✅ TRENDING:  Download Aplikasi Bansos untuk Mendapatkan Dana Bantuan

Zoom sendiri bermarkas di wilayah San Jose, California, Amerika Serikat. Di era modern ini ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan aplikasi meeting online ini sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Penggunaan aplikasi ini sangat pas untuk diterapkan pada konsep WFH atau Work From Home akibat kemunculan virus Covid-19. Dengan menggunakan Zoom, aktivitas tetap berjalan dengan lancar meskipun terpisah oleh jarak. Yang paling penting adalah Anda memiliki koneksi internet.

Fitur-Fitur Zoom

Ada banyak alasan kenapa Zoom jauh lebih populer dibandingkan dengan aplikasi meeting lainnya. Salah satunya adalah keberadaan fitur Zoom Meeting yang begitu lengkap.

Pada aplikasi ini Anda bisa mendapatkan berbagai layanan keren untuk memaksimalkan kenyamanan ketika meeting jarak jauh dilakukan.

1. Video dan Audio HD

Fitur keren pertama yang ada pada aplikasi ini adalah keberadaan fitur video dan audio HD yang ada di dalamnya.

Jadi Anda tidak perlu khawatir sama sekali dengan kualitas layanan ketika menggunakan aplikasi satu ini. Kualitas gambar dan suara pada aplikasi pertemuan online ini sudah ada di level tertinggi. 

2. Alat Kolaborasi Bawaan

Selain kualitas audio HD, Zoom ini juga dilengkapi dengan perangkat kolaborasi bawaan yang membuat pertemuan terasa lebih interaktif.

Menggunakan aplikasi ini Anda bisa berbagai layar bersama, atau bahkan menulis catatan ketika pertemuan sedang berlangsung.

3. Keamanan yang Terjamin

Dari segi keamanan, Apk Zoom Meeting ini benar-benar sangat terjamin. Di dalamnya sudah dibenamkan sistem keamanan dengan enkripsi end to end.

✅ TRENDING:  Cara Daftar Bantuan Dana BANSOS Lewat Aplikasi KEMENSOS 2022

Jadi kerahasiaan pertemuan Anda bersama tim akan sangat terjamin. Untuk masuk ke dalam sebuah pertemuan, Anda juga harus memiliki password.

4. Rekaman dan Transkrip

Zoom juga dirancang agar Anda bisa dengan mudah merekam dan mentranskripsi hasil pertemuan online yang dilakukan. Penyimpanan juga bisa dilakukan melalui internal storage maupun cloud storage.

5. Fitur Penjadwalan

FItur lain yang dimiliki oleh aplikasi seminar online ini adalah penjadwalan. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam memberikan respon atau undangan kepada para peserta meeting.

Dengan keberadaan fitur penjadwalan, Anda bisa mengaksesnya pertemuan ini secara langsung dari Gmail, Outlook maupun iCal.

6. Obrolan Tim

Zoom juga menyediakan fitur obrolan dengan tim bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi. Fitur ini akan membuat percakapan terasa jauh lebih pribadi dan rahasia.

Rekaman dari obrolan tim ini juga disimpan selama kurang lebih 10 tahun pada penyimpanan internal Zoom. 

Cara Menggunakan Zoom

Bagaimana? Tertarik untuk download aplikasi Zoom dan mulai menggunakannya pada perangkat Anda?

Jika anda tertarik untuk menggunakannya silahkan download pada tombol tautan dibawah ini.

Ternyata cara, menggunakan aplikasi ini tidak sulit sama sekali. Aplikasi ini bisa diakses baik melalui perangkat seluler maupun komputer. 

Bagi Anda pada pengguna smartphone bisa langsung mengunduh aplikasinya yang bernama Zoom Cloud Meetings.

Aplikasi tersebut bisa Anda unduh baik di Play Store maupun App Store secara gratis. Bagi Anda yang menggunakan PC, langkahnya juga tidak kalah mudah.

✅ TRENDING:  Downlad Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis Anda

Namun tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelumnya. Ini bertujuan agar proses meeting memang berjalan sesuai porsinya. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pastikan koneksi internet Anda memadai untuk mengakses Zoom.
  • Pertama Anda hanya perlu memiliki ID Rapat ketika hendak mengikuti sebuah meeting.
  • Bisa juga menggunakan nomor telekonferensi yang biasa disematkan pada undangan
  • Setelah masuk Anda hanya tinggal mengklik Gabung Rapat. Mengklik ini tidak mengharuskan Anda untuk melakukan log in.
  • Masukkan nama tampilan yang dikehendaki
  • Hubungkan audio dan video dengan mengikuti opsi yang muncul
  • Setelahnya langsung saja klik Gabung.
  • Setelah ini Anda akan langsung masuk ke dalam portal pertemuan. 

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara untuk menggunakan aplikasi meeting di HP dan komputer satu ini?

Agar tidak terjadi kesalahan, ikuti langkah-langkah di atas secara sistematis agar meeting yang hendak Anda ikuti bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga : Aplikasi Chat Terbaik di HP Android

Demikian ulasan mengenai cara memakai aplikasi Zoom di HP dan PC yang sangat mudah ini. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Comment